"Selamat datang di blog HMI Fistek Sepuluh Nopember Surabaya."
Senin, 06 Agustus 2012

KESENJANGAN SEJARAH DUA PERADABAN BESAR DUNIA

DUNIA BARAT Vs DUNIA ISLAM

Kesatuan daratan besar Asia, Eropa, dan Afrika Utara bisa dikatakan merupakan bibit dunia saat ini. Karena dari daratan ini lah perkembangan peradaban modern dimulai. Sejarah dimulai dari bentangan Laut Mediterania (Laut Tengah), karena di sinilah bangsa-bangsa kuat perdana memulai interaksi bersama seperti bangsa Mycenaea, Kreta, Fenisia, Lydia, Yunani, Roma, dll. Inilah nantinya yang menjadi cikal bakal Peradaban Dunia Barat. Sementara itu dari sisi daratan sebelah timur, pada saat yang sama pula telah terbentuk sebuah jaringan dan rute yang menghubungkan anak benua India, Asia Tengah, dataran tinggi Iran, Mesopotamia, dan Mesir. Jalan ini merupakan sebuah alur lalulintas yang membentang di sekeliling Teluk Persia, Sungai Indus, Sungai Oxus, Laut Aral, Laut Kaspia, Laut Hitam, Laut Mediterania, Sungai Nill, dan Laut Merah. Jaringan inilah nantinya yang muncul menjadi Dunia Islam.
Arus manusia terus mengalami perkembangan di antara dua dunia ini. Hingga muncul 3 wilayah penting sebagai titik tolak perkembangan peradaban yang mereka bentuk, yaitu Mesir, Mesopotamia, dan Persia. Entah apa yang terjadi diantara dua dunia ini, meskipun dengan node yang sama, namun dalam perkembangan selanjutnya justru keduanya akan saling tindih satu sama lain. Jika diuraikan secara historiology, maka akan ditemukan suatu kesenjangan yang sangat mencolok. Keduanya mengukir sejarahnya masing-masing tanpa mempedulikan satu sam lain.


DUNIA BARAT
DUNIA ISLAM
1.Kelahiran Peradaban (Mesir dan Mesopotamia)
1.     Zaman Kuno (Mesopotamia dan Persia)
2.Zaman Klasik (Yunani dan Roma)
2.     Kelahiran Islam
3.Zaman Kegelapan (Kebangkitan Kristen)
3.     Kekhalifahan (Pencarian Persatuan Universal)
4.Kelahiran Kembali (Renaisance dan Reformasi)
4.     Perpecahan (Zaman Kesultanan)
5.Pencerahan (Penjelajahan dan Ilmu Pengetahuan
5.     Bencana (Tentara Salib dan Mongol)
6.Revolusi (Demokrasi, Industri, dan Teknologi)
6.     Kelahiran Kembali (Era Tiga Kekaisaran)
7.Bangkitnya Negara-Bangsa (Perjuangan demi Kerajaan)
7.     Perembesan Timur oleh Barat
8.Perang Dunia I dan II
8.     Gerakan Reformasi
9.Perang Dingin
9.     Kemenangan Modernis Sekuler
10.Kemenangan Kapitalisme Demokratik
10. Reaksi Islamis
Sumber : Dari Puncak Bagdad ; Sejarah Dunia Versi Islam

Sungguh aneh memang, di satu wilayah yang sangat berdekatan terdapat dua peradaban besar yang hidup saling berdampingan, namun betapa sedikitnya mereka saling memperhatikan. Banyak peneliti sejarah berpendapat hal ini dikarenakan baik Dunia Barat maupun Dunia Islam telah terlalu sibuk dengan urusan internalnya masing-masing. Namun pada kenyataannya internal yang mereka susun sesungguhnya adalah sebuah narasi yang saling berlawanan arah. Dan hingga saatnya mereka saling bersimpangan, maka yang terjadi haruslah salah satu diantaranya memberikan jalan. Karena arus Dunia Barat lebih kuat, narasi merekalah yang secara perlahan menggilas narasi Dunia Islam. Kritikus sastra Edward Said berpendapat, bahwa selama berabad-abad, Dunia Barat telah membangun sebuah fantasi “Orientalis” tentang Dunia Islam, dimana perasaan sinis “keserbalainan” berbaur dengan gambaran tentang kemewahan yang dicemburui. Ya, kira-kira memang demikian penggambaran Dunia Barat tentang Dunia Islam. Selanjutnya penggambaran ini yang menjadi ujung tombak perkembangan peradaban Dunia Barat hingga saat ini.
Peradaban Dunia Islam memang telah tergerus oleh Dunia Barat, namun sejatinya hal ini tidak pernah terjadi. Karena pergerakan peradaban Dunia Islam terus mengalami perkembangan melalui arus bawah tanahnya. Satu hal yang tida boleh dilupakan oleh kita, yaitu Iran. Ya, saat ini Iran telah muncul sebagai satu-satunya lambang perkembangan peradaban Dunia Islam yang sedikit kelihatan dari permukaan di samping upaya berontak dari Palestina dengan Yerusalem nya yang hingga saat ini masih disengketakan mengingat posisinya sebagai bekas dari titik awal terpenting dua peradaban ini.
Apakah peradaban Dunia Islam akan sirna seiring berjalannya waktu? Semoga saja tidak.
Wallahu’alam……..
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya……

Ahmad Asrori

0 komentar:

Ingat Waktu


Label

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Hari Ini

Celoteh

Anda Pengunjung ke-

About Me

Foto Saya
HmiFistek-SN
Bismillah.. Himpunan Mahasiswa Islam merupakan tempat berkumpulnya Mahasiswa Islam yang datang dengan berbagai mimpi demi satu tujuan "Membangun Kader Umat dan Bangsa". Yakusa.
Lihat profil lengkapku