"Selamat datang di blog HMI Fistek Sepuluh Nopember Surabaya."
Minggu, 15 Juli 2012

MP3EI dan RUU Keinsinyuran




Badan Legislasi DPR RI sedang menyiapkan RUU keinsinyuran yang nantinya akan diajukan di Program Legislasi Nasional (Prolegnas) RUU prioritas 2012. Selain sebagai dasar hukum, RUU ini dibuat juga dalam rangka memuluskan program MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) yang mana MP3EI adalah salah satu kebijakan jangka panjang (2011-2025) Presiden SBY untuk mengangkat Indonesia menjadi negara maju dan merupakan kekuatan 12 besar dunia melalui pertumbuhan ekonomi tinggi yang inklusif dan berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan itu maka dalam strateginya disebutkan perlu upaya untuk memperkuat SDM dan IPTEK Nasional.

Dalam situs resmi PII (Persatuan Insinyur Indonesia), disebutkan dasar dalam penyusunan RUU ini adalah infrastruktur, pendidikan tinggi dan pelatihan sehingga terlahirlah insinyur yang profesional, kesiapan teknologi serta inovasi yang kemudian dasar-dasar itu dikenal sebagai 4 pilar keinsinyuran. Dari 4 pilar ini maka bisa dinilai tujuan pembuatan RUU ini sangatlah strategis. Kenapa? Karena melalui RUU ini bisa menjadi acuan hukum untuk mencegah kesalahan dan kelalaian praktek keinsinyuran yang dapat merugikan masyarakat, mengatasi pekerjaan teknologi dan alih teknologi, mengamankan investasi dan anggaran pembangunan, mengembangkan keinsinyuran dan teknologi, serta penyetaraan kualifikasi dan kompetensi insinyur Indonesia dengan insinyur dari negara lain. Kesimpulannya : RUU ini adalah upaya nyata pemerintah untuk meningkatkan kinerjanya dalam hal memberi pengakuan terhadap profesi insinyur dan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk insinyur lokal memegang kendali pembangunan nasional.

Kembali ke MP3EI, akan ada 113 proyek infrastruktur yang digelar di Sumatra, 95proyek di Jawa, 56 di Kalimantan, 45 di Sulawesi, 21 di Bali & Nusa Tenggara, dan 59 di Papua-Maluku. Sesuai yang diberitakan di harian kompas (11 Juni 2012),“PII mendorong para pengusaha nasional untuk dapat menyerap lulusan sarjana teknik lokal dalam membangun proyek konstruksi nasional.” Jadi ini kabar gembira bagi kita-kita (insinyur) maupun calon insinyur. Sudah ada medan yang disiapkan oleh pemerintah agar kita bisa berkarya dan ikut andil dalam mengendalikan pembangunan nasional.

Go a head. Semoga sukses bagi kita semua para insinyur dan sukses pula untuk Indonesia. Yakin Usaha Sampai, Indonesia menjadi 12 kekuatan besar melalui pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
*Kalau menjalankan proyek harus tetap jujur !!!

Oleh : Ricky Permana Putra

0 komentar:

Ingat Waktu


Label

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Hari Ini

Celoteh

Anda Pengunjung ke-

About Me

Foto Saya
HmiFistek-SN
Bismillah.. Himpunan Mahasiswa Islam merupakan tempat berkumpulnya Mahasiswa Islam yang datang dengan berbagai mimpi demi satu tujuan "Membangun Kader Umat dan Bangsa". Yakusa.
Lihat profil lengkapku