"Selamat datang di blog HMI Fistek Sepuluh Nopember Surabaya."
Sabtu, 22 Desember 2012

Al jazari Bapak Teknik Modern


    Sebagian mungkin masih merasa asing dengan nama aljazari. Tapi tahukah anda orang inilah yang mendasari ilmu keteknikan dan robotika saat ini. Jika di dunia barat ada Leonardo Da Vinci maka di dunia Islam ada Aljazari. Bahkan karya-karya Leonardo Da Vinci terinspirasi oleh bukunya Aljazari yang berjudul “al-Jami Bain al-Ilm Wal ‘Aml al-Nafi Fi Sinat ‘at al-Hiyal” (The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices).  Penasaran siapa sebenarnya aljazari???, apa saja karyanya???, maka izinkanlah saya mengantar anda ke wunderkammer.

     Aljazari terlahir dengan nama Abū al-'Iz Ibn Ismā'īl ibn al-Razāz al-Jazarī. Di lahirkan di utara mesopotamia jika sekarang ada di kawasan di utara Irak dan timur laut Syria. Dia hidup disana selama 25 tahun dan mengabdi di istana artuqid di bawah kekuasaan sultan Nasir al-Din Mahmoud. Selama masa mengabdi itulah dia banyak membuat karya. Semua karyanya dia tuangkan dalam bukunya al-Jami Bain al-Ilm Wal ‘Aml al-Nafi Fi Sinat ‘at al-Hiyal” (The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices). Buku tersebut memuat kurang lebih sekitar 50 karyanya. Sungguh sesuatu yang luar biasa jika dibandingkan dengan penerusnya Da Vinci yang memuat 40 karya, itupun masih hanya diatas kertas saja sedangkan Aljazari sudah membuatnya secara real. 
      Salah satu karyanya  adalah robot berbentuk perahu yang terapung diatas danau, diatas perahu ada 4 robot pemusik. Ke empat robot tersebut memegang alat musik yang berbeda-beda. 2 robot memegang drum, 1 robot memegang suling dan satu robot pemain harpa. Keempatnya menghasilkan nada-nada yang harmoni. Robot pemusik ini dibuat untuk menghibur tamu-tamu kerajaan.

     Selain robot pemusik aljazari juga membuat robot pelayan. Robot ini berfungsi untuk menuangkan teh atau minuman lainnya pada para tamu. Minuman disimpan dalam tempat penampungan air, kemudian disalurkan ke ember lalu setelah 7 menit mengalir menuju cangkir dan robot itu menuangkannya.

       Kemudian ada lagi pencuci tangan otomatis. Bahkan sampai sekarang sistem dari aljazari ini menjadi dasar pada pencuci tangan otomatis masa kini. Pencuci tangan otomatis dari aljazari berwujud robot wanita membawa baskom berisi air . Kemudian model lain dari pencuci tangan otomatis aljazari adalah robot burung merak yang mancurkan air dan memberi para pencuci tangannya handuk secara otomatis. Robot burung merak ini digerakan dengan tenaga air.

           Masih banyak karya aljazari lainnya , seperti castle clock ini komputer analog pertama yang bisa diprogram, ada lagi jam gajah, kemudian mesin yang menggunakan tenaga binatang dan poros engkol. Ini mesin pertama yang menyertakan poros engkol sebagai bagian dari mesin. Di eropa poros engkol baru dipakai pada abad 15 sedangkan aljazari sudah menggunakannya pada abad 13. Sekarang poros engkol merupakan alat yang menjadi inti sebuah mesin modern.

          Begitu banyak sumbangsih aljazari pada dunia keteknikan dan robotika, oleh karena itu pantaslah dia disebut sebagai bapak teknik modern. Sebuah kejayaan yang dirindukan . Demikian akhir penjelasan. :)

Q.E.D
 

0 komentar:

Ingat Waktu


Label

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Hari Ini

Celoteh

Anda Pengunjung ke-

About Me

Foto Saya
HmiFistek-SN
Bismillah.. Himpunan Mahasiswa Islam merupakan tempat berkumpulnya Mahasiswa Islam yang datang dengan berbagai mimpi demi satu tujuan "Membangun Kader Umat dan Bangsa". Yakusa.
Lihat profil lengkapku